Ini Dia DOA SETELAH SHOLAT DHUHA Yang Jarang Diketahui

Credit: pixabay.com
Banyak diantara kita yang meyakini bahwa Shalat dhuha adalah sholat pembuka rizeki, dan selalu diidentikkan dengan urusan rezeki, sehingga setelah shalat dhuha doa yang diaturkan adalah doa permohonan kelancaran rezeki. Dan hal ini tidaklah salah, sebab pada hakekatnya, semua ibadah dan semua bentuk ketaatan kepada Allah memiliki potensi memudahkan lancarnya rizeki.

Selain memohon kelancaran rizeki, dalam sebuah hadits yang berasal dari sayyidatina Aisyah Ummul Mukminin, disebutkan bahwa Rasulullah setelah sholat dhuha memanjatkan doa yang berisi memohon ampunan dan bertaubat kepada Allah.

"Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai shalat Dhuha, beliau memanjatkan sebanyak 100 kali doa berikut ini :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

ALLOHUMMAGHFIR-LII WA TUB ‘ALAYYA, INNAKA ANTAT TAWWABUR ROHIIM (artinya: Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang)

sampai beliau membacanya seratus kali.”

Pertanyaannya, Jika sholat dhuha adalah sholat pembuka rizeki, mengapa Rasulullah berdoa mohon ampun setelah sholat dhuha?

Hal ini karena kelancaran dan keberkahan rizeki erat hubungannya dengan banyaknya dosa. Dengan kata lain, jika kita memiliki banyak dosa, maka dosa itu akan menjadi penghalang lancarnya rizeki. Oleh karenanya, agar rizeki dilancarkan dan dimudahkan Allah, maka setelah sholat dhuha Rasulullah mencontohkan dengan membaca doa yang isinya memohon ampunan atas segala dosa yang pernah dibuat. Jika dosa-dosa kita diampuni Allah, maka tidak ada lagi penghalang bagi kelancaran rizeki kita semua.

Nah, disamping tetap mengamalkan doa setelah sholat dhuha  yang berisi mohon kelancaran rizeki yang telah biasa dibaca, alangkah baiknya kalau disempurnakan dengan membaca doa mohon ampun sebanyak 100 kali sebagaimana yang  telah dicontohkan Rasulullah dalam haditsnya tersebut.

Demikian, semoga bermanfaat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Mencukur Bulu Kemaluan Dan Manfaatnya Menurut Islam

Ini Dia Bacaan Wirid, Dzikir Dan Doa Lengkap Setelah Sholat Wajib Lima Waktu

10 Doa Pendek dan Mudah dihafal, Dibaca Sesudah Sholat lima Waktu