SAINS Mengungkap FAKTA MATA & KOKOK Ayam

Illustrasi ( sumber : pixabay.comhttps://pixabay.com/ )
Kurang lebih 1500 Tahun yang lalu, Rasulullah menyebutkan sebuah fakta tentang Ayam, yang di zaman kita sekarang ini terbukti secara ilmiah. Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan pernyataan Rasulullah tersebut dalam kitab Shohih mereka berdua. Rasulullah bersabda : "Jika engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat malaikat, sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari Setan karena dia melihat setan."

Hadis ini menjelaskan tentang fakta ayam jantan mampu melihat para malaikat. Bagaimanakah itu bisa terjadi? Mari sejenak kita pelajari tentang fenomena ayam jantan yang suka berkokok ini.
Ayam adalah hewan jinak yang memiliki dua mata yang terletak di samping kepalanya. Akan tetapi kedua mata ayam mempunyai kekurangan yaitu tak mampu melihat di saat gelap. Karenanya, tidak pernah ada cerita bahwa ayam keluar malam hari mencari makan, bahkan saat maghrib tiba, ayam pun telah menghentikan aktivitasnya mengais rizeki, dan segera mencari tempat yang nyaman untuk beristirahat.

Namun, dibalik kekurangannya, mata ayam ternyata mampu melihat cahaya, yang sama sekali tak mampu dilihat manusia. Cahaya yang mampu dilihat mata ayam ini berupa sinar ultra violet. Dari kemampuan mata ayam yang mampu melihat cahaya ini, kemudian terjawab mengapa Rasulullah menyebutkan dalam hadisnya bahwa ayam mampu melihat malaikat. Dan Malaikat menurut penjelasan Rasulullah dalam hadisnya diciptakan dari cahaya. Karena melihat malaikat inilah kemudian ayam jantan mengeluarkan suara atau berkokok, yang oleh sebagian ulama di maknai dengan dzikir berbunyi lafadz udzkurullah yang artinya ingatlah kepada Allah.

Penjelasan ilmiah dibalik rahasia mata ayam bisa di jelaskan melalui Jurnal Public Library of Science yang meneliti retina ayam. Mereka sebenarnya  tidak menyebut ayam bisa melihat malaikat, karena tujuan penelitian mereka memang bukan untuk membuktikan sabda Rasulullah, tetapi dalam penelitian mereka, mereka menemukan bahwa mata ayam memiliki kemampuan melihat sinar ultraviolet. Sebuah kemampuan yang sama sekali tidak dimiliki mata manusia. Pandangan mata manusia terbatas dan tidak dapat melihat apa yang berada di bawah sinar infra merah atau di atas sinar ultraviolet.

Sumber : pixabay.com
Dari penemuan ilmuwan ini kemudian jika dihubungkan dengan sabda Rasulullah bahwa ayam mampu melihat malaikat, maka sangatlah tepat sekali. Menurut penelitian mereka, Mata ayam memiliki kemampuan melihat sinar ultraviolet yang sesungguhnya merupakan cahaya, dan cahaya adalah bahan dasar penciptaan malaikat, maka penemuan ilmuan tersebut menguatkan apa yang pernah disabdakan Rasulullah sekitar 1500 tahun yang lalu bahwa ayam mampu melihat malaikat yang diciptakan dari cahaya.

===

Kita sering mendengarkan ayam berkokok pada waktu antara pukul 02.00-04.30 yang tidak lain adalah waktu yang disunnahkan untuk shalat malam. Dan di saat dinihari yang gelap gulita, mata ayam tak mampu melihat, namun dengan kelebihannya mereka mampu melihat cahaya, yang ketika itu sebenarnya mereka melihat para malaikat , maka mereka kemudian berkokok.

Demikian pula saat pagi hari, ketika matahari telah terbit, banyak juga terdengar suara ayam berkokok, namun hal itu bukanlah karena matahari telah terbit, melainkan karena ayam melihat para malaikat yang sedang sibuk membagikan rizeki dari Allah untuk semua makhluknya setiap hari.

Demikianlah fakta dunia modern semakin menguatkan dan membenarkan apa yang pernah di sinyalir Rasulullah sekitar 1500 tahun lalu. Semoga penemuan ini semakin menguatkan keimanan kita kepada Allah akan segala ciptaannya.

Sumber ; 
Dunia Islam Dot Org
Bangka Tribun

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Mencukur Bulu Kemaluan Dan Manfaatnya Menurut Islam

Ini Dia Bacaan Wirid, Dzikir Dan Doa Lengkap Setelah Sholat Wajib Lima Waktu

10 Doa Pendek dan Mudah dihafal, Dibaca Sesudah Sholat lima Waktu