Amaliah Malam Nishfu Sya’ban Membaca Surah Yasin 3 kali

Screenshoot Cover Kitab Madza Fi Sya'ban
Dalam kitab Madza Fi Sya’ban, Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki menegaskan bahwa terdapat banyak kemuliaan di malam nisfu Sya’ban; Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang minta ampunan pada malam itu, mengasihi orang yang minta kasih, menjawab do’a orang yang meminta, melapangkan penderitaan orang susah, dan membebaskan sekelompok orang dari neraka. Karena itu, menurut  Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki ada tiga amalan utama yang dapat dilakukan pada malam nisfu Sya’ban, yaitu memperbanyak doa, membaca dua kalimat syahadat sebanyak-banyaknya dan memperbanyak istighfar atau memohon ampun kepada Allah.
Selain 3 amalan utama yang dianjurkan Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki tersebut, Para Ulama juga menganjurkan menghidupkan malam nishfu sya’ban dengan membaca Surah Yasin 3 kali yang dilakukan sesudah shalat sunnah ba’diah maghrib.

Pembacaan surat Yasin pada malam Nishfu Sya’ban sebanyak 3 kali ini merupakan hasil ijtihad para ulama. Diantaranya, disebutkan dalam Kitab Asna Al Matholib bahwa  Pembacaan surat Yasin pada malam Nishfu Sya’ban setelah Maghrib merupakan hasil ijtihad  sebagian ulama, konon ia adalah Syeikh Al Buni, dan hal itu bukanlah suatu hal yang buruk”.

Demikian pula dalam kitab Fathul Malik al-Majid di sebutkan bahwa Diantara keistimewaan surat Yasin, sebagaimana menurut sebagian para Ulama, adalah dibaca pada malam Nishfu Sya’ban sebanyak 3 kali. Yang pertama dengan niat meminta panjang umur, kedua niat terhindar dari bencana dan ketiga niat agar tidak bergantung kepada orang lain”.

Adapun praktek amaliyah membaca surah yasin 3 kali ini adalah sebagai berikut:
Jamaah kaum muslimin pada waktu maghrib telah berkumpul di masjid, lalu melakukan sholat maghrib berjamaah. Setelah selesai, lalu disambung dengan sholat sunnah bakdiah sholat maghrib, kemudian bersama-sama membaca Surah Yasin 3 kali dengan niat-niat yang berbeda. Pada waktu membaca Surah Yasin yang pertama berniat memohon dipanjangkan umur untuk bisa beribadah dengan maksimal, pembacaan Surah Yasin yang kedua berniat memohon bisa terhindar  dari segala bencana dan pada pembacaan yang ketiga berniat memohon dihindarkan dari bergantung kepada orang lain dan memohon dianugerahkan khusnul khotimah ketika ajal telah tiba.
Setelah itu membaca doa Nishfu Sya’ban yang di anjurkan para ulama berikut ini.

Baca juga : 

DOA KHUSUS Malam NISFU SYA’BAN Teks Arab, Latin & Artinya


Demikianlah salah satu amalan menghidupkan malam nishfu sya'ban dengan membaca Surah Yasin 3 kali yang di ajarkan para ulama ahlussunnah dan telah menjadi tradisi turun temurun di beberapa negara ahlussunnah termasuk Indonesia.

Sumber : Muslim Media News Dot Com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Mencukur Bulu Kemaluan Dan Manfaatnya Menurut Islam

Ini Dia Bacaan Wirid, Dzikir Dan Doa Lengkap Setelah Sholat Wajib Lima Waktu

10 Doa Pendek dan Mudah dihafal, Dibaca Sesudah Sholat lima Waktu